Dosa Meninggalkan Shalat 5 Waktu

by Abdul Hakim on 10:18 AM, 21-Jun-12

Category: Tentang islam

Dosa Meninggalkan Shalat 5 Waktu

Assalamu'alaikum.. Wr.. Wb...

Gimana kabarnya teman-teman semua? Semoga tetap dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT, amiin... Kali ini saya akan share "Dosa Meninggalkan Shalat 5 Waktu". Silahkan di simak baik2 ya..?

Inilah keadaan kaum muslimin saat ini, sungguh memprihatinkan. Kita semua pasti tahu bahwa shalat adalah perkara yang amat penting. Bahkan shalat merupakan rukun Islam, salah satu penegak bangunan Islam. Tanpa shalat bagaimana mungkin bangunan Islam bisa tegak. Namun, itulah realita yang tidak bisa dipungkuri dalam umat ini.

Kalau kita melirik sekeliling kita, ada saja orang-orang bahkan kerabat kita sendiri yang meninggalkan salah satu rukun Islam ini. Mungkin di antara mereka, ada yang hanya shalat sekali sehari, hanya shalat maghrib saja. Ada pula mungkin yang shalat hanya sehari seminggu yaitu melaksanakan shalat Jum’at saja, selain hari itu tidak pernah melaksanakan shalat. Ada pula yang lebih parah lagi dalam setahun hanya dua kali baru melaksanakan shalat yaitu shalat Idul Fithri dan Idul Adha. Bahkan di beberapa tempat, memang mereka mengaku beragama Islam karena di KTP-nya saja ditulis beragama Islam dan begitu juga dalam akad nikah juga mengaku beragama Islam. Namun, kesehariannya jika kita tilik ternyata tidak ada satu shalat pun dikerjakan.

Lebih parah lagi di suatu desa banyak yang tidak menghadiri shalat Jum’at. Bahkan di desa tersebut tidak dilaksanakan shalat Jum’at sama sekali, padahal mereka yang berada di sana mengaku beragama Islam. Juga dapat kita saksikan lagi di rumah-rumah sakit, betapa banyak orang yang dalam keadaan sakit, padahal dia masih mampu melaksanakan shalat dengan duduk, berbaring, atau dengan isyarat- meninggalkan rukun Islam yang mulia ini. Begitu pula kita dapat menyaksikan di kendaraan umum semacam di bus atau kereta, ketika kita melakukan safar (perjalanan jauh), betapa banyak orang di kendaraan tersebut hanya tidur dan guyon saja, sudah masuk waktu shalat, namun tidak ada satu pun yang beranjak mengambil air wudhu atau bertayamum.

Waktu shalat Zhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya, dia memang masih di kendaraan tadi, tetapi tidak ada satu pun shalat dilaksanakan. Terakhir, begitu pula kita sering saksikan sebagian orang sering meninggalkan shalat shubuh karena selalu bangun kesiangan. Sudah termasuk kebiasaannya bangun jam 6 pagi, lalu bergegas mandi dan berangkat kuliah atau ke tempat kerja, sedangkan shalat shubuh, dia tinggalkan begitu saja. Memang sungguh prihatin dengan keadaan umat saat ini. Kebanyakan orang mengaku beragama Islam di KTP, namun sering sekali meninggalkan shalat. Mereka semangat dengan hal-hal duniawi, dengan mengais rizki siang dan malam. Namun mereka tidak pernah bersyukur dengan nikmat yang Allah berikan dengan melaksanakan shalat. Padahal yang namanya syukur adalah seseorang memanfaatkan nikmat Allah untuk melakukan ketaatan kepada-Nya. Oleh karena itu, pada tulisan yang singkat kali ini kami akan mengangkat pembahasan mengenai hukum meninggalkan shalat. Semoga Allah memudahkannya dan memberi taufik kepada setiap orang yang membaca tulisan ini.

Shalat adalah Perkara yang Pertama Kali akan Dihisab Shalat merupakan perkara yang pertama kali akan dihisab dari seorang hamba sebelum amal yang lainnya. Dari Abu Hurairah, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda. “Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala mengatakan,’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.” Dalam riwayat lainnya, ”Kemudian zakat akan (diperhitungkan) seperti itu. Kemudian amalan lainnya akan dihisab seperti itu pula.” (HR. Abu Daud. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Misykatul Masyobih no. 1330) Para Ulama Sepakat Bahwa Meninggalkan Shalat Termasuk Dosa Besar yang Lebih Besar dari Dosa Besar Lainnya Seorang ulama besar, Ibnu Qayyim Al Jauziyah, dalam kitabnya Ash Sholah wa Hukmu Tarikiha, hal. 7, mengatakan, ”Kaum muslimin tidaklah berselisih pendapat (artinya mereka sepakat) bahwa meninggalkan shalat wajib (shalat lima waktu) dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras.

Orang yang meninggalkannya akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat.” Dinukil oleh Adz Dzahabi dalam Al Kaba’ir (pembahasan dosa-dosa besar), hal. 25, Ibnu Hazm berkata, “Tidak ada dosa setelah kejelekan yang paling besar daripada dosa meninggalkan shalat hingga keluar waktunya dan membunuh seorang mukmin tanpa alasan yang bisa dibenarkan.” Adz Dzahabi dalam Al Kaba’ir, hal. 26-27, juga mengatakan, “Orang yang mengakhirkan shalat hingga keluar waktunya termasuk pelaku dosa besar. Dan yang meninggalkan shalat secara keseluruhan -yaitu satu shalat saja- dianggap seperti orang yang berzina dan mencuri. Karena meninggalkan shalat atau luput darinya termasuk dosa besar. Oleh karena itu, orang yang meninggalkannya sampai berkali-kali termasuk pelaku dosa besar sampai dia bertaubat. Sesungguhnya orang yang meninggalkan shalat termasuk orang yang merugi, celaka dan termasuk orang mujrim (yang berbuat dosa).

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

40 responses to "Dosa Meninggalkan Shalat 5 Waktu"

o0.gani.0o [10:32 AM, 21-Jun-12]

Brat bnget dosa x mas bro jd tkut gue ngalin shlat nih tp alhmdllh gue shltx g blong biggrin

http://gani.heck.in

arif46 [10:35 AM, 21-Jun-12]

Astagfirulloh

IQBAL_Cyber [10:40 AM, 21-Jun-12]

aku takuuuuuttttttt.,.,.,.,.,.,.,

sukses selalu buat blognya

ditunggu kunbal & follbacknya
kalaw berkenan skalian diblogroll

http://iqbalcyber.mywapblog.com

o0.gani.0o [10:42 AM, 21-Jun-12]

Brat bnget dosa x mas bro jd tkut gue ngalin shlat nih tp alhmdllh gue shltx g blong biggrin

http://gani.heck.in

Jewar [10:56 AM, 21-Jun-12]

Nyimak saja gan, bukan umat islam soalnya smile

Fian Cahyo [10:57 AM, 21-Jun-12]

ijin kopas sob.. Hehe

Iskandar [11:07 AM, 21-Jun-12]

semoga selalu dalam lindungan allah

ORACARA - Kumpulan Trik dan Cara [11:14 AM, 21-Jun-12]

Waduh gaswat

oracara.heck.in

| DUNET | jaming ro0t's the reggae [11:26 AM, 21-Jun-12]

n0 komen

KING UPDATE [12:01 PM, 21-Jun-12]

artikel bermanfaat
thnk sudah mengingatkan kang,

Fery nqeblank [12:04 PM, 21-Jun-12]

Sory ane baru bisa hadir sekarang gan...
Lagi sibuk didunia nyata gan..
Nice post gan...

Achopel [12:14 PM, 21-Jun-12]

hadir sob.
nice post dah n sukses slalu !!

SΔ¡YΔ ☺ SΔnZU™ [01:28 PM, 21-Jun-12]

hadir good kawan....

Blogmwb.pun.bz [05:21 PM, 21-Jun-12]

assalamu'alaikum wr.wb, apa kabarnxa. Lama gag jumpa,
hehe,
lagi sibuk di real.
http://blogmwb.pun.bz

Cepot [06:33 PM, 21-Jun-12]

asalamu'alaikum wr.wb.
makash gan telah mengingat kn.

SoegA87 [07:47 PM, 21-Jun-12]

klu saya yg sering bolong yg shubuh sob...

Andriy Konomunenii [07:59 PM, 21-Jun-12]

Kunjungan malam kawan ..
maaf niih ane baru mampir, soalnya tere ane .co.id ..
sukses selalu buat sobat !!

ArifSunda™ [08:00 PM, 21-Jun-12]

asalamualaikum, bermanfaat sob, thank pencerahanyasmile

Hana Sifa [08:17 PM, 21-Jun-12]

Nice post brada... wink

pacifiers.mywapblog.com

Cara Membuat Blog Mywapblog [08:26 PM, 21-Jun-12]

kebanyakan nyadar pas baca duank, abis kelewat hari, lupa deh takutnya. hehe. Btw nek sholat jgn lah ampe ditinggalkan

Wind'ecko [08:48 PM, 21-Jun-12]

Thanks brad,.. Artikelnya mengingatkan &menumbuhkan ksadaran agar kita te2p sholat.

budak barca™ [09:13 PM, 21-Jun-12]

Alloh masih ngampunin gx sob ...? Ane mw tobat nie, jujur q sering banyak trlewat..!

"Yaalloh ampunilah dosa2 q... Tolong yaalloh hamba tobat...

Lubet Satriani [12:30 AM, 22-Jun-12]

Astaghfirullah...

Trio X Panser Milanisti [12:40 AM, 22-Jun-12]

Wah..thanks y kawan..jd tkut kalo ninggalin sholat lg..musti rajin nih sholatnya..

Mohd Agung Melati [12:56 AM, 22-Jun-12]

jadi merinding sob, thanks udh mengingatkan...

Abdul Hakim [05:08 AM, 22-Jun-12]

@budak barca™,
Allah itu maha pengampun, asal kita bnr2 bertaubat dan tdk mengulangi kesalahan lg.

DeLorean [06:08 AM, 22-Jun-12]

Wah mesti buru2 tobat nih. . . smile sama ijin follow blog agan. . Jangan lupa follback . . . Ane tunggu ya. . . biggrin

http://aven28.mywapblog.com

IQBAL_Cyber [06:35 AM, 22-Jun-12]

kunjungan pagi kang,
Sory gk bsa lama", coz mau blogwalking ke yg lain,

Sukses selalu untuk blognya

Ditunggu kunbal & follbacknya!
Kalo gak kbratan, skalian di blogroll juga,

http://iqbalcyber.mywapblog.com

KELIK-AJJA.COM [07:31 AM, 22-Jun-12]

Assalamualaikum kangbiggrin
Wah . .wah . . .smngat bngt nie kyak.x
tp jgn khwatir kang, klik slalu mnyempatkn diri bwt brknjung diblog akang, ijin bca n menyimak post.xwink

oh iya kang jgn lupa silaturahmi.x diblog klik,
ada oleh - oleh 3 CSS DEFAULT MYWAPBLOG CREATIVE untuk akangdown-arrow

www.kelik-ajja.com/oleh-oleh-3-css-default-mywapblog-creati.xhtml

Sukses slalu bwt admin n blog.x

SYMBIAN VS ANDROID™ [07:49 AM, 22-Jun-12]

ngupdate absen hadir dulu sobb..
Mumpung trik gretong sc fb msh work biggrin

nice post.. biggrin

Kritik dan sarannya saya tunggu di link url dibawah ini sobb..


caljo.heck.in/cara-mengganti-font-di-android-dengan-ap.xhtml#comments

Kang Anjas [08:09 AM, 22-Jun-12]

artikel sangat bermanfa'at kang mas bro sukses sllu maju teruss perjuanganmu kang mas bro

Gindz_creatiVe [09:28 AM, 22-Jun-12]

Maaf sob telat

Nanang Qosyim [10:01 AM, 22-Jun-12]

Dakwahny bguz bgt brow....
Ditunggu kunbalny

Affan [10:09 AM, 22-Jun-12]

Wahh,, mksih gan info'a..
Ane sring tuch,, biggrin

user mwb ™ [10:59 AM, 22-Jun-12]

Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh

wah berat amat ya dosa nya meninggalkan sholat.ayo kita bikin slogan tiada hari tanpa sholat.smile

Harry Nax Duri [11:21 AM, 22-Jun-12]

Mantap Bos. . Ditunggu Kunbalnya Ya. .

im1ntson [06:43 PM, 22-Jun-12]

subhanalloh ...
.
.tegakan slalu ibadah kepada ALLOH S.W.T, karena sholat merupakan pondasi islam,
.
.terimakasi kepada admin telah mengingatkan kita semua, semoga ALLOH S.W.T membalasnya amiin,

▀▄▀Rafael Anjas Blog Pesik Kuningan▀▄▀ [03:34 AM, 23-Jun-12]

Hadir sob.... di tunggu kunbalnya,,

like fp saya
http://facebook.com/rafancyber

▀▄▀Rafael Anjas Blog Pesik Kuningan▀▄▀ [03:35 AM, 23-Jun-12]

Hadir sob.... di tunggu kunbalnya,,

like fp saya
http://facebook.com/rafancyber

Yadi [08:35 AM, 24-Jun-12]

Aamiin,lam kenal sob,ijin nyimak sob,sangat bermanfaat

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images